Senin, 18 Juli 2016

Octopus Card : Kartu Sakti di Hong Kong

Sebagaimana konsep smart city, HK memiliki satu kartu untuk hampir seluruh kebutuhannya. Dari naik tranport hingga belanja, orang HK sudah terbiasa untuk menggunakan e-money (electronic money).


Harga Octopus Card ini bermacam-macam

  • Untuk manula (usia lanjut) di atas usia 60 thn dan anak-anak (3-11 tahun) harganyaHK$70
  • Dewasa, lebih mahal HK$150. Deposit HK$50. Ini akan dikembalikan petugas saat Anda mengembalikan kartu. Jadi pemakaiannya hanya HK$100.

Pengisian ulangnya pun mudah. Anda tinggal pergi ke Stasiun MTR, gerai Seven Eleven, Circle K, supermarket dan toko-toko lain. Caranya pun mudah, berikan kartua Anda ke kasir, lalau sebutkan nilai pengisian kemudian bayar. Tidak sampai 2 menit, kelar.

Pemakaiannya juga mudah. Anda tinggal tempelkan sejenak ke mesin dengan tanda khusus. Jika nilai uang dalam Octopus Card masih sesuai limit dan tidak ada masalah di Octopus Card Anda, maka transaksi akan go!

Jika Octopus Card Anda bertanda merah atau tidak bisa digunakan, padahal limit uang masih cukup, jangan panik. Segera datangi petugas terdekat. Umumnya di MTR. Maka dalam sekejap..kartu Anda bisa digunakan lagi.


Oh iyaa..yang perlu diperhatikan adalah kita masih dapat menggunakan Octopus Card hingga negatif (-) HK$35. Yang nantinya bakal diperhitungkan ketika kita mengisi ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar